Preloader
Membersihkan Sofa

5 Cara Membersihkan Sofa Dari Noda Minyak

Hampir semua sofa dilapisi oleh upholstery atau kain pelapis furniture. Seiring berjalannya waktu, kain pelapis bisa menjadi kotor dan berdebu bila tidak dibersihkan secara menyeluruh. Selain terkena debu, Makanan berminyak berbuka puasa bulan Ramadhan terkadang meninggalkan bekas noda pada sofa kesayangan. Kamu dapat menyimak cara membersihkan sofa pada artikel ini.

Pada kasus – kasus tertentu, misalnya kain pelapis yang terkena minyak, santan, atau makanan dan minuman, tentu membersihkannya dengan vacuum cleaner atau lap basah saja tak cukup. Bagaimana cara membersihkan sofa dari noda makanan tanpa merusak kain pelapis sofa? Simak cara-caranya di bawah ini.

Air dan Sabun Untuk Membersihkan Sofa

Cara membersihkan tumpahan makanan pada kursi 

Makanan berminyak yang jatuh ke sofa seringkali sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas. Cara pertama untuk menghilangkan noda minyak tersebut adalah menggunakan air dan sabun untuk membersihkan noda minyak pada sofa kesayangan Kamu. Untuk lebih lengkapnya, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kamu langsung bersihkan tumpahan makanan pada kursi atau sofa dengan lap/kain basah.
  2. Siapkan air dan sabun dan sikat. Campur 50:50 antara air dan sabun. Gosok dan sikat di bagian makanan yang tumpah. Serap busa dan airnya pada kursi dengan lap/kain kering atau tisu. Lakukan penyikatan lagi jika dirasa masih belum bersih. Dan keringkan lagi dengan lap kering.
  3. Keringkan dengan hair dryer. Setelah bersih, keringkan kursi/sofa kain dengan hair dryer. Pastikan meng-hair dryer kursi agak lama agar bagian dalamnya juga kering.

Bekas tumpahan makanan tak akan terlihat lagi, bahkan bersih seperti tak pernah tertumpah makanan. Kuncinya, harus segera dibersihkan sebelum tumpahan meresap ke dalam kursi, sehingga tidak meninggalkan bau dan bekas.

Baking Soda

Cara menghilangkan noda minyak di sofa selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Kamu dapat membuat pasta dari baking soda. Oleskan pasta tersebut pada kain sofa yang terkena minyak, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan alkohol.

Atau juga, Kamu bisa melakukannya dengan cara menaburkan baking soda secara langsung dengan merata ke semua permukaan kain pelapis sofa. Lalu, diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan baking soda ini dengan vacuum cleaner.

Air dan Deterjen

Noda berminyak serta berlemak yang menempel pada sofa juga dapat Kamu bersihkan dengan menggunakan campuran air dan deterjen. Kamu dapat memilih deterjen yang memiliki formula ringan yang tidak mengandung bahan-bahan keras. Hindari menggunakan cairan penghilang noda yang mengandung bahan kimia keras. Hal ini dikarenakan justru dapat merusak warna sofa.

Sebelum Kamu mengikuti cara menghilangkan noda minyak pada sofa dengan menggunakan campuran air dan deterjen, sebaiknya Kamu bersihkan terlebih dahulu noda yang melekat atau mengering pada kain sofa dengan menggunakan sendok. Kikis secara perlahan noda tersebut dengan tujuan agar tidak mudah merusak sofa.

Selanjutnya Kamu dapat menekankan campuran air dan deterjen tersebut pada bagian yang terkena noda dengan menggunakan spons atau lap. Disarankan untuk anda agar tidak menggosok atau menyikat sofa karena hal ini justru dapat merusak permukaan sofa.

Langkah berikutnya, anda dapat menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi. Usapkan kain tersebut pada sofa untuk membersihkan sisa sabun. Kemudian keringkan sofa dengan menggunakan kipas angin yang dinyalakan di depan sofa. Dengan proses pengeringan ini, dapat mencegah terjadinya bau apek pada sofa.

Campuran Air dan Cuka Juga Bisa Membersihkan Sofa

Perlu anda ketahui, cuka mengandung zat asam klorin yang dapat menghilangkan noda membandel secara lebih efektif. Apabila noda berminyak pada sofa anda sulit untuk dihilangkan, anda dapat menggunakan campuran pembersih yakni cuka dengan apel.

Cara membersihkan noda minyak di sofa dengan larutan cuka dapat menggunakan kain microfiber untuk membantu dalam mengoleskannya. Lakukan cara ini beberapa kali hingga noda benar-benar hilang dari kain sofa.

Setelah noda hilang, Kamu dapat mengeringkan sofa dengan cara diuap atau menggunakan setrika uap. Langkah ini juga cukup efektif untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada kursi sofa.

Cairan Pembersih Khusus

Apabila setelah menggunakan beberapa langkah di atas, noda minyak pada sofa Kamu masih sulit untuk dihilangkan, maka Kamu dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkannya. Pastikan cairan pembersih yang anda gunakan tidak melunturkan warna sofa.

Untuk memastikannya, anda dapat menyemprotkannya pada bagian dalam sofa. Untuk cairan pembersih sofa yang aman digunakan untuk membersihkan sofa, pada umumnya  telah diformulasikan secara khusus guna membersihkan pelapis berbahan kain, kulit, kayu, serta kanvas. Jadi, jangan sampai anda salah dalam membelinya.

Untuk membersihkan sofa dari berbagai jenis noda, sebaiknya langsung dibersihkan. Jangan tunggu lama supaya noda tidak menempel terlalu lama sehingga menjadi sulit untuk dibersihkan.

Kesimpulan

Momen berbuka puasa bersama di rumah dengan keluarga memberikan keceriaan dan kehangatan pada keluarga. Namun terkadang makanan saat berbuka puasa bersama di ruang keluarga kerap terjatuh mengenai sofa sehingga meninggalkan noda. 

Agar tampilan sofa kamu tetap cantik dan elegan, kamu dapat segera menghilangkan noda tersebut dengan banyak cara. Seperti menggunakan campuran air dan sabun, baking soda, campuran air dan cuka, campuran air dan deterjen, dan cairan pembersih khusus sofa. Dan, dikeringkan menggunakan hair dryer atau dengan kipas.Berbicara tentang sofa, Xionco memiliki produk sofa berkualitas premium dengan harga terjangkau. Hanya Xionco yang berani memberikan sofa dengan harga terjangkau yang menggunakan bahan baku Kayu Jati. Penasaran? Cek di sini.

Close
Close
Sign in
Close
Cart (0)

No products in the cart. No products in the cart.